GERAKAN PRAMUKA

KWARTIR RANTING
PURWOKERTO BARAT

KWARTIR CABANG BANYUMAS

Tentang kwarran

Kwartir Ranting Purwokerto Barat telah mencapai titik akhir periode kepemimpinan Kak Hemid. Tepatnya pada September lalu, Kak Sri Harjanti, S.pd. resmi dilantik untuk menggantikan Kak Hemid sebagai Ketua Kwarran baru periode 2021 - 2024.

Perbaruan ini tentunya sudah melalui proses musyawarah. Kak Janti, sebagaimana beliau sering disapa, merupakan Ka Mabigus di pangkalan SD Negeri 3 Kedungwuluh. Pada 4 tahun kepengurusan beliau selanjuthnya, disebutkan memiliki harapan-harapan baru yang pastinnya menggarah pada pengembangan Kwarran Purwokerto Barat semakin baik lagi.

Lebih jelasnya, berikut ini adalah susunan inti kepengurusan di Kwarran Purwokerto Barat periode 2021 - 2024.

WhatsApp Image 2021-12-27 at 12.50.32.jpg

Sebagai salah satu langkah awal, Kak Janti mengarahkan kepada seluruh pengurus untuk mengikuti rapat program kerja di awal kepengurusannya.

 

Pertemuan tersebut dihadiri oleh waka bidang dan para anggotanya. Kak janti menyampaikan mengenai pentingnya koordinasi dan bekerja sama dalam tim secara efektif dan efisien. Dengan demikian, akan tercipta kinerja yang sesuai dengan apa yang direncanakan.

Pada pertemuan tersebut, setiap waka bidang berkumpul dengan anggota masing-masing. Kak Janti memberikan bahan materi sesuai dengan bidangnya.

Hasil akhir dari pertemuan tersebut adalah setiap bidang menentukan rancangan program kerja apa saja yang akan dilaksanakan dalam jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang.

 
girl with nasional flag

hiruk pikuk pramuka di hari GURU

Guru, adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Kenapa dia disebut dengan pahlawan? Tentunya karena seorang guru sangat memberikan pengaruh bagi kehidupan manusia di muka bumi ini.

 

Sosok seorang guru memang berbeda dengan pahlawan yang gugur di medan perang, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya. Namun guru adalah orang yang mau membagikan ilmunya, menjadi sosok pengganti orang tua di sekolah, seseroang yang mampu mengubah pola pikir kita sehingga bisa merubah hidup kita menjadi lebih baik.

 

Tentang makna hari guru, erat kaitannya dengan sejarah. Berdasarkan referensi yang saya dapat, lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada tanggal 25 November 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, merupakan cikal-bakal organisasi PGRI.

Di mana organisasi ini diisi oleh para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Sehingga tujuan diadakannya Hari Guru Nasional adalah untuk memberikan apresiasi bagi para guru atas jasa-jasanya selama mengajar.

Tidak hanya memberikan pemahaman tentang materi pelajaran, guru juga berperan untuk menjadi teladan bagi siswa, membimbing dan mendidik mereka agar berperilaku baik. Seperti dalam tradisi Jawa yang menyebut guru sebagai akronim dari “digugu lan ditiru” yang berarti orang yang dipercaya dan diikuti.

Peran guru dalam kepramukaan juga sangatlah besar. Karena kader-kader pramuka benar-benar dimulai justru dari bangku sekolah, jiwa patriotisme yang dipupuk melalui kepramukaan di sekolah, bahkan tidak berlebihan jika mengatakan bahwa guru merupakan garda terdepan dalam perkembangan kepramukaan di Indonesia diluar SAKA (Satuan Karya).

Dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah, acap kali guru juga menjadi Pembina pramuka. Dituntut untuk berkarya secara multi talenta di dalam ruangan dengan seabrek administrasi sekaligus di luar ruangan dengan ditemani terik matahari. Itulah yang menjadikan guru sangat special bagi dunia kepanduan pramuka.

Dalam ekstrakurikuler pramuka di sekolah, acap kali guru juga menjadi Pembina pramuka. Dituntut untuk berkarya secara multi talenta di dalam ruangan dengan seabrek administrasi sekaligus di luar ruangan dengan ditemani terik matahari. Itulah yang menjadikan guru sangat special bagi dunia kepanduan pramuka.

Terima kasih Bapak dan Ibu guru atas jasa dan perjuangannya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna dan terbaik untuk siswa. Semoga Bapak dan Ibu guru bisa terus mengembangkan potensi yang dimiliki agar dapat mengambil peran dalam estafet kepemimpinan di negeri ini terutama lewat kepanduan pramuka.

IMG20211019142307.jpg

PELANTIKAN
PEMBINA PRAMUKA
MI DARUL HIKMAH

Pelantikkan pembina pramuka MI Darul Hikmah terlaksana dengan hikmat. Kak Janti, selaku Ka Kwarran menghadiri dan melantik para pembina.

KARANG PAMITRAN DAN SOSIALISASI PRAMUKA GARUDA

Karang Pamitran adalah pertemuan pembina pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinannya

Wooden Theme

kepengurusan baru, resolusi baru: selamat datang, kak janti!

Tepatnya pada September lalu, Kak Sri Harjanti, S.pd. resmi dilantik untuk menggantikan Kak Hemid sebagai Ketua Kwarran Purwokerto Barat periode 2021 - 2024.

Perbaruan ini tentunya sudah melalui proses musyawarah. Kak Janti, sebagaimana beliau sering disapa, merupakan Ka Mabigus di pangkalan SD Negeri 3 Kedungwuluh. Pada 4 tahun kepengurusan beliau selanjuthnya, disebutkan memiliki harapan-harapan baru yang pastinnya menggarah pada pengembangan Kwarran Purwokerto Barat semakin baik lagi. Berikut ini adalah susunan inti kepengurusan di Kwarran Purwokerto Barat periode 2021 - 2024.